Tuesday, December 15, 2009

Perangkat Jaringan

PERANGKAT JARINGAN
Jika Anda merencanakan jaringan pertama atau memperluas jaringan arus, membaca tentang produk ini menjadi akrab dengan pilihan yang tersedia, dan bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerja jaringan Anda.

1. Network Adapter Card
Network Adapter Card (juga disebut Network Interface Cards, atau NIC) adalah yang pertama dan item yang paling dasar yang dibutuhkan untuk memulai jaringan Anda. Sebuah kartu jaringan yang diperlukan menyediakan hubungan antara komputer Anda dan jaringan Anda. Aplikasi ini dapat mengkonversi data anda ke format yang jaringan Ethernet dapat menerima dan membaca. Kartu kecil ini berisi konektor yang diperlukan untuk menghubungkan komputer Anda ke salah satu hub atau komputer lain.

2. Hubs
Hub (juga disebut kabel hub, atau konsentrator) adalah konektivitas pusat titik dalam jaringan bintang, workgroup atau subnet. Sebuah hub memungkinkan setiap node untuk berkomunikasi dengan semua node lain yang terhubung. Node terhubung menyediakan kekuatan mereka sendiri, dan hub memiliki catu daya sendiri. Lampu status hub membantu untuk memonitor jaringan. Sebuah saklar dapat membantu segmen jaringan yang menjadi terlalu besar, dan akan benar-benar meningkatkan performa di jaringan Anda.

3. Jembatan
Jembatan yang digunakan untuk menghubungkan kelompok kerja terpisah (subnet) bersama-sama. Kebanyakan jembatan mengidentifikasi dan melacak lokasi pada masing-masing simpul jaringan dan hanya memperbolehkan lalu lintas yang diperlukan melewatinya. Jembatan mengarahkan tujuan dan sumber informasi. Jika sebuah paket informasi yang cacat, jembatan penyaring atau menjatuhkan paket, tetapi jika itu berisi semua sumber yang tepat, tujuan dan informasi lainnya, hal itu akan meneruskan paket.

4. Switches
Sebuah saklar adalah komponen kunci untuk memperluas jaringan, seperti menggabungkan sebuah jembatan dan hub bersama-sama, karena ia membagi sebuah jaringan besar ke dalam segmen yang lebih kecil. Menambahkan sebuah tombol sering meningkatkan kecepatan jaringan yang telah menjadi macet dan terlalu banyak digunakan, dan membantu menghilangkan kesalahan jaringan. Sebuah saklar juga memungkinkan transmisi jaringan akan diarahkan ke simpul tertentu di jaringan bukannya dikirim ke semua pengguna, seperti pada sebuah hub.

5. Repeater
Repeater digunakan dalam topologi bintang ketika jarak dalam memperluas jaringan ke titik yang melebihi jaringan Ethernet standar, tetapi masih harus tumbuh. Sebuah repeater adalah sama dengan sebuah hub dengan pengecualian bahwa memperkuat dan retimes sinyal-sinyal yang dikirim melalui jaringan. Repeater monitor terhubung kelompok kerja. Ketika kerusakan terjadi di sebuah workgroup, sebuah repeater akan memutuskan penyimpangan fungsi komputer dari jaringan. Masalah yang sama dalam topologi bus akan menonaktifkan semua node yang melekat pada segmen itu.

6. Routers
Router menyaring lalu lintas jaringan dan menghubungkan protokol yang berbeda untuk memastikan bahwa file tersebut diteruskan ke lokasi yang benar. Karena penyaringan ini, router lebih lambat dari sebuah saklar atau jembatan, tetapi akan melakukan fungsi yang berharga jika penyaringan yang diperlukan. Tidak seperti langsung hub dan switch, router dapat menawarkan layanan pengelolaan jaringan, seperti konfigurasi zona dan kontrol.

7. Server
Sebuah server dapat menjadi rendah atau komputer kapasitas tinggi yang menyediakan berbagai sumber daya. Server khas berisi beberapa hard disk drive, tape backup dan CD-ROM. Hal ini dapat digunakan untuk membantu berbagi sumber daya seperti printer, mesin fax, modem, e-mail dan koneksi ke Internet. Hal ini sering digunakan untuk menyimpan informasi database, file, file cadangan, dan beberapa program perangkat lunak (situs berlisensi) untuk akses oleh komputer klien. Komputer yang terhubung ke server disebut klien. Fungsi server dapat diatur dan dikendalikan, dan dapat memberikan keamanan bagi pengguna jaringan. Beberapa jenis server yang tersedia baik sendiri-sendiri, dalam kombinasi apapun, atau total: file dan print server, aplikasi server, mail server, layanan direktori server, dan server komunikasi.

8. PC Card Adapters
Laptop komputer dapat tersambung ke jaringan Ethernet dengan bantuan kartu insertable kecil, mirip ukurannya dengan kartu kredit.

9. Komunikasi Komunikasi Produk produk termasuk kartu fax, modem, PC Card adapter untuk ponsel komputer, dan Internet koneksi.

Network Computing Models
Komputasi jaringan model dapat menjadi tiga jenis:
A. Model komputasi jaringan terpusat: Dalam model komputasi jaringan terpusat, klien menggunakan sumber daya dari server highcapacity untuk memproses informasi. Dalam model ini, para klien juga disebut sebagai dumb terminal.
B. Klien hanya koneksi ke server dan tidak untuk satu sama lain: model komputasi jaringan terdistribusi memungkinkan semua komputer jaringan untuk mengambil bagian dalam pengolahan. Akibatnya, tidak ada perbedaan antara server dan klien. Dalam model jaringan ini, pemrosesan-tugas intensif ini dibagi menjadi himpunan bagian dari tugas dan didistribusikan di antara beberapa node.
C. Model komputasi jaringan terdistribusi: Dalam model ini, kelenjar getah bening juga berbagi kemampuan pengolahan terpisah dari berbagi data, sumber daya, dan layanan lainnya. Keuntungan dari model komputasi jaringan kolaboratif adalah peningkatan kecepatan pemrosesan.

Sistem Operasi Jaringan
Sebuah Network Operating System (NOS) adalah peningkatan versi sistem operasi, dengan fitur yang memungkinkan pengelolaan dan konektivitas dari node dalam sebuah jaringan. Dalam skenario saat ini, termasuk Noss populer berikut:
• Windows NT/2000
• Novell Netware
• UNIX
• Linux

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger