Tuesday, December 15, 2009

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
Berikut adalah keuntungan dari jaringan:
• Berbagi Sumber Daya
• Sentralisasi manajemen
• Biaya Efektif
• Keamanan

Jaringan Kategori
1. Sumber daya dan kemampuan perangkat lunak yang node pada jaringan berbagi yang umumnya
dikenal sebagai layanan.
2. Jaringan yang dikategorikan sebagai:
• Server-centric
• Peer-to-peer

Server-Centric Jaringan
Pada server-sentris jaringan, satu atau lebih server memproses permintaan secara terpusat. Pada server-sentris setup, server terminal dengan kekuatan pemrosesan tinggi, yang
menyediakan layanan bagi komputer lain pada jaringan. Klien adalah terminal yang mengakses sumber daya yang tersedia pada server. Terkenal klien / server setup adalah contoh khas jaringan server-centric. Dalam klien / server dengan konfigurasi jaringan, server bertanggung jawab untuk memproses permintaan yang dikirim oleh klien.

Peer-to-Peer Networks
Pada peer-to-peer jaringan, tidak ada perbedaan khusus antara klien dan
server.

Hardware Jaringan
Ada penggolongan / taksonomi diterima secara umum di mana semua jaringan komputer cocok, tapi dua
menonjol sebagai dimensi penting: teknologi transmisi dan skala. Secara umum, ada dua jenis teknologi transmisi yang digunakan secara luas. Mereka adalah sebagai berikut:
a. Broadcast link.
b. Point-to-point link.

Broadcast Link
Itu memiliki saluran komunikasi tunggal yang digunakan bersama-sama oleh semua mesin pada
jaringan. Pesan singkat, yang disebut paket dalam konteks tertentu, yang dikirim oleh mesin yang diterima oleh semua yang lain. Kolom alamat dalam menentukan paket penerima yang dimaksud. Setelah menerima paket, suatu mesin memeriksa field alamat. Jika paket ditujukan untuk mesin yang menerima, bahwa proses mesin paket, jika paket ditujukan untuk mesin lain, itu hanya diabaikan.

Point-To-Point Link
Ini terdiri dari banyak hubungan antara pasangan individu dari mesin. Untuk pergi dari sumber ke tujuan, sebuah paket pada jaringan jenis ini mungkin harus pertama mengunjungi satu atau lebih perantara mesin. Seringkali beberapa rute, dari panjang yang berbeda, yang mungkin, sehingga menemukan yang baik adalah penting dalam point-to-point jaringan. Sebagai aturan umum (meskipun ada banyak pengecualian), lebih kecil, jaringan lokal secara geografis cenderung menggunakan penyiaran, sedangkan jaringan yang lebih besar biasanya point-to-point. Point-to-point transmisi dengan satu pengirim dan satu penerima kadang-kadang disebut unicasting.

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger