Tuesday, December 15, 2009

Alamat Subnet

Subnet Address
Meningkatnya jumlah host terhubung ke internet. Pembatasan ukuran jaringan. Dalam subnetting, jaringan dibagi menjadi subnetwork yang lebih kecil dengan masing-masing subnet memiliki alamat subnet sendiri. Dalam supernetting, sebuah organisasi dapat menggabungkan beberapa kelas C untuk membuat berbagai macam alamat. Dengan kata lain, beberapa jaringan dikombinasikan untuk menciptakan sebuah supernetwork.

1. Subnetting
Alamat IP (32 bit) -> netid dan hostid
* Artinya: ada rasa hierarki di pengalamatan IP. Untuk mencapai suatu host, kita harus terlebih dahulu mencapai jaringan menggunakan netid, kemudian menggunakan hostid untuk mencapai host.
General: kelas A, B, C -> dua tingkat hirarki
Kadang-kadang dua tingkat tidak cukup. Sebagai contoh, bayangkan sebuah organisasi dengan alamat kelas B. Organisasi ini memiliki dua tingkat pengalamatan hierarki, tetapi tidak bisa memiliki lebih dari satu jaringan physiscal. Host tidak dapat dikelompokkan, dan semua host memiliki tingkat yang sama. Solusi -> subnetting.

Masking
Sebuah proses yang mengekstrak alamat jaringan fisik dari alamat IP. Dapat dilakukan apakah kita memiliki subnet atau tidak.
- Tidak memiliki subnet: masking mengekstrak alamat jaringan dari alamat IP.
- Apakah subnet: subnet mask mengekstrak alamat dari alamat IP.
Di masking:
a. Kami melakukan matematika. operasi pada IP 32-bit menambahkan. Pada tingkat bit lain menggunakan 32 - bit yang disebut mask
b. Bit dalam mask berhubungan dengan menambahkan IP yang sesuai.
c. Bagian dari masking yang mengandung 1s mendefinisikan netid atau kombinasi netid dan subnetid
d. Bagian dari membuat 0s berisi mendefinisikan hostid
e. Untuk mendapatkan jaringan dan alamat subnet, kita harus menerapkan operasi pada alamat IP dan mask

2. SUPERNETTING
Tergantung pada kebutuhan organisasi. Satu atau lebih kelas C dapat disambung untuk membuat satu supernetwork. Contoh: sebuah organisasi yang memerlukan alamat 1000 dapat diberikan alamat C kelas empat. Organisasi dapat menggunakan alamat tersebut dalam satu supernetwork, dalam empat jaringan, atau di lebih dari empat jaringan. Dalam Mask Supernet Dapat ditetapkan ke blok alamat jaringan kelas C, jika jumlah bersih. Default masker untuk kelas C alamat 255.255.255.0. Jika beberapa 1s berubah untuk 0s, kita dapat memiliki mask untuk sekelompok kelas C.

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger